Kamis, 24 November 2011

FRESHWATER BUMBLEBEE GROUPER

Kerapu Emas atau bumblebee grouperdengan nama ilmiah  lanceolatus Epinephelus. merupakan salah satu ikan kerapu yang bisa bertumbuh besar. Di habitat aslinya bisa mencapai ukuran lebih dari 2 m dengan berat lebih dari 300 kg. Ikan ini biasa ditemui pada perairan dangkal yang banyak batu karangnya.

Ikan bumblebee grouper yang berukuran kecil sampai  remaja, memiliki warna yang indah, belang-belang tidak beraturan dengan kombinasi warna kuning dan hitam yang memikat. Jika sudah dewasa, ikan ini memiliki warna kombinasi coklat dan hitam.
Bumblebee grouper berukuran kecil dan yang ditangkap dari kawasan air payau, bisa dipelihara dalam akuarium air tawar (tentunya memalui tahap penyesuaian). Atau kalau mau beli yang sudah air tawar bisa diperoleh di AQUALIFE AQUARIUM – Yogyakarta.

Jika dipelihara dalam akuarium air tawar, tambahkan garam ikan sebanyak 5 sendok makan per 100 liter air tawar. Kerapu emas bisa diberi pakan ikan atau udang berukuran kecil. Supaya ikan ini merasa nyaman, buatkan gua dari batu karang dalam akuarium Anda, selain sebagai hiasan, gua ini juga berfungsi sebagai tempat sembunyi. Ikan kerapu emas tergolong ikan pemberani, tetapi tidak terlalu agresif.