Senin, 09 April 2012

FRESHWATER WHITE TIGER GROUPER



Scientific Name : Epinephelus Sp.
Common Name : White-Tiger Grouper.
Salinity : 8 – 10 ppm.
Ph : 7 – 8.
Temperature : 24 – 30 0C

Ikan ini sangat menarik perilakunya, warna tubuhnya bisa tiba-tiba berubah, maka ada yang menyebut sebagai IKAN BUNGLON. Tubuhnya berwarna putih dengan motif belang-belang hitam tidak beraturan, bisa berubah menjadi putih belang-belang coklat muda atau kuning belang-belang hitam. Sedangkan siripnya yang putih bisa berubah kuning atau merah. Dan perubahan warna ini bisa berlangsung dengan sangat cepat, terutama jika merasa terganggu.

Ikan ini menyukai pakan hidup, antar lain ikan, udang, cacing, dll. Jika dipelihara di kolam, maka ukuran ikan ini bisa lebih dari 150 cm. Karena ikan ini suka berkelompok, sebaiknya dipelihara lebih dari 1 ekor dan bisa dicampur dengan ikan jenis lain yang ukurannya lebih besar.

KERAPU POLKADOT AIR TAWAR……?

Jenis kerapu yang ditangkap dari kawasan perairan hutan bakau, air payau dan muara melalui proses adaptasi yang lama dan melaui proses tertentu (untuk menyesuaikan system osmosis nya), dapat dipelihara dalam aquarium air dengan salinitas sangat rendah ( 8 sd 10 ppm ), pada kondisi air tersebut, ikan kerapu bisa dicampur dengan ikan molly, koki, komet, dll. Karena sifat ikan kerapu carnivora, maka ukuran  ikan air tawar yang dicampurkan harus lebih besar dari kerapu tersebut.

Jika ingin memelihara kerapu yang sudah bisa dicampur dengan ikan air tawar, campurkan air laut sebanyak 30% dan air tawar sebanyak 70%. Pada kondisi air seperti itu, ikan kerapu bisa hidup dan ikan air tawar warnanya akan semakin cerah, disebabkan kadar mineral terlarut semakin beragam.

Selain sebagai ikan hias, kerapu polkadot  juga merupakan ikan konsumsi berharga mahal. Dengan adanya kerapu yang dapat hidup dilingkungan air salinitas rendah, maka budidaya pembesaran ikan kerapu tidak harus dengan jakapung (jaring karamba apung) di laut yang berbiaya mahal. Ikan tersebut dapat dibudidayakan di tambak-tambak dengan biaya operasional yang murah dan lebih aman.

Untuk mendapatkan ikan kerapu yang sudah bisa dipelihara dalam lingkungan air salinitas rendah, silahkan hubungi kami warnaaquatica@yahoo.com